Membaca dan Puncak Proses Belajar

Ada yang mengatakan, membaca adalah pintu dunia. Ada juga yang bilang, membaca adalah jendela untuk masuk ilmu pengetahuan.

Ucapan ini tidak ada yang salah. Sangat logis. Kalimat itu mengandung motivasi supaya kita menjadi membaca sebagai modal kita untuk melakukan proses mencari, mengenal, mengakrabi, sampai dengan menjadi ilmu sebagai media untuk mengenal dunia.

Kalau kita ingin mengenal dan belajar tentang tata surya, maka membaca ensiklopedi maupun buku tentang planet, antariksa menjadi salah satu syarat mutlak. Kalau kita ingin tahu tentang sejarah peradababan Islam, maka buku tentang kejayaan Islam dan Peradabannya harus dibaca. Dan seterusnya.

Maka, membaca adalah puncak seseorang kalau ingin berproses lebih baik dan lebih baik dalam belajar. Belajar dalam segala bidang. Jangan berharap banyak, jika ingin tahu wawasan atau ilmu pengetahuan tentang perkembangan dunia, tetapi membaca hanya ada diangan-angan.

Ilmu tidak akan mendekat dengan sendirinya. Kita yang harus proaktif untuk menjemputnya. Membaca adalah cara yang ampun untuk mendapatkannya dengan cepat. Ini adalah proses ‘bertahan’ dalam proses bertumbuh dalam berilmu pengetahuan. Salam literasi. (Ichwan Arif)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *