Elizabeth Jadi Pengawas

Judul buku                   : Si Badung Jadi Pengawas

Penulis                         : Enid Blyton

Penerbit                      : Gramedia

Tahun Terbit               : 2000

Tebal buku                  : 256 hlm

berkisah tentang Elizabeth yang ditunjuk sebagai pengawas kelas satu. Baginya, menjadi pengawas adalah sebuah kebanggaan. Demi menjaga kredibilitasnya, Elizabeth berusaha mencari jawaban atas masalah di kelasnya, sendirian!. Bayangkan saja, Arabella gadis manis yang sopan dan selalu berusaha menjaga penampilannya membuat Elizabeth muak dengan gayanya yang suka membual. Arabella juga membuat ulah dengan membuat sebuah pesta tengah malam, tanpa diketahui Elizzabeth. Elizabeth kebingungan untuk membuat Arabella berubah sikap dan menyesuaikan diri dengan iklim belajar di Whyteleafe.

Ada juga seorang siswa baru bernama Julian. Arabella dan Julian membuat Elizabethh gusar karena kelakukan mereka. Julian suka membuat gaduh kelas dengan suaranya yang menirukan suara-suara aneh sehingga mengacaukan proses belajar. Dua kali pula, ia mengerjai Elizabeth sehingga dihukum keluar kelas yang membuatnya mendapat catatan “penting” selama menjabat sebagai pengawas.

Elizabeth juga bertengkar dengan Julian dan menuduhnya mencuri karena uang Arabella dan Rosemary sering hilang, juga permen yang dimilikinya. Karena itu Elizabeth memasang jebakan. Ia membuat uang koin 1 shillingnya ditandai dengan silang. Setelahnya ia taruh di laci meja. Selang beberapa waktu, koin dan permennya hilang juga. Permen itu ditemukan di saku jaket Julian dan jatuh saat Julian ingin mengambil sapu tangannya. Uang yang ditandai oleh Elizabeth juga dipakai oleh Julian saat bermain, Julian mengatakan uang itu ia dapat saat jatah pembagian uang di Rapat Besar Mingguan.

Karena merasa aneh, Elizabeth mengadukan Julian di Rapat Besar Mingguan yang diadakan di sekolahnya. Di sini, anak-anak bisa mengadukan apa pun yang menjadi masalah mereka. Di rapat ini juga, semua pengakuan dan penyelesaian masalah akan dituntaskan oleh anak-anak, hasilnya akan dicatat oleh William dan Rita di buku besar Whyteleafe. Di rapat inilah, Elizabeth mengalami masalah besar, ia dikeluarkan sebagai Pengawas karena dituduh memfitnah Julian. Setelah itu, tiba-tiba saja keruwetan demi keruwetan muncul dan bagi Elizabeth segalanya terasa begitu berat…

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *