Ada Eintein, Band Hivi, dan Film Keluarga Cemara di Pop-Up Book Siswa Spemdalas

Kreasi siswa Spemdalas dalam membuat Pop-Up Book

Ada Albert Eintein, Band Hivi, dan Film Keluarga Cemara di Pop-Up Book yang berisi teks ulasan siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 12 (Spemdalas) GKB Gresik, Jawa Timur.

Dalam pelajaran bahasa Indonesia, siswa Spemdalas menulis teks ulasan dengan objek kajian buku, film, dan juga album musik. Mereka melakukan pembacaan, mendengarkan isi album musik, dan penonton film.

Siswa kelas VIII F Ahnaf Zakimasyah mengatakan untuk bisa mengetahui isi buku, maka kami pun melakukan pembacaan dan menganalisis. Tidak hanya mengerti tetapi kita harus menentukan bukti keunggulan isi buku dari halaman per halaman.

“Dalam buku yang berjudul Albert Einstein dan Teori Relativitas karya Irwan Kurniawan ini sangat menarik. Hal ini juga didasari kesukaan saya dengan dunia sains,” katanya, Jumat (20/1/23).

Dalam Pop-Up Book ini, lanjutnya, terdapat 12 halaman. Masing-masing halaman berisi struktur teks ulasan. Mulai dari indentifikasi, orientasi, sinopsis, analisis, dan evaluasi. Selain terdapat penjelasan secara rinci struktur teks, terdapat juga gambar-gambar Einstein saat kecil, saat melakukan penelitian, dan juga gambar hasil penelitiannya.

Ada Kincir di Pop-Up

Selain ulasan isi buku, Alyadhiba Shafira Sashi Kirana dan Rayhana Nafisa Nur Sabrina mengambil objek teks ulasan dari album musik milik Band Hivi. Pop-Up Book yang didominasi warna biru muda dan putih ini memebrikan tampilan sederhana tanpa mengurangi esensi dari isinya.

“Tampilan pop-up kami sederhana tetapi isinya tidak mau kalah dengan milik teman-teman yang lain. Dalam pop-up kami ada model kincir,” kata Alyadhiba Shafira Sashi Kirana.

Alya, sapaan akrabnya, mengaku tampilan kincir ini adalah model kreasi dari kami. Pembaca bisa menarik tuas sehingga pembaca bisa membaca pesan yang ada di masing baling-balingnya.

“Dalam kincir ini tertera sinopsis 9 lagu dari Band Hivi. Pembaca bisa membaca di tiap ‘kincirnya’,” tuturnya.

Untuk bisa membaca teks analisis dan evaluasi, pembaca juga diberi panduan untuk membuka lembaran biru. Modelnya seperti buku di dalam buku, pembaca akan membalik dan bisa membaca isi dari kedua struktur teks tersebut.

“Yang pasti, pembaca akan enjoy dan tersenyum manakala membuka dan membaca teks ulasan yang kami bikin,” tegasnya.

Selain bahas isi buku dan Band Hivi, Muhammad Habibie Al farizy, Azizan Ridho Utomo, dan Rasya Dwi Setiawan membuat tek ulasan dengan objek film Keluarga Cemara.

Dalam Pop-Up ini, mereka banyak menempelkan aktor-aktor film di tiap halamannya. Tempelan ini sebagai penghias di tiap tulisan struktur teksnya. (Ichwan Arif)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *