Secangkir Kopi

Judul buku              : Secangkir Kopi Jon Pakir

Penulis                   : Emha Ainun Najib

Penerbit                 : Mizan

Tahun Terbit          : 2019

Tebal buku              : 348 hlm

Buku Secangkir Kopi Jon Pakir menceritakan kehidupan masyarakat era 1980 an. Sebelum buku ini diterbitkan, merupakan kumpulan-kumpulan esai Emha Ainun yang diterbitkan dalam salah satu surat kabar di Indonesia. Meskipun digambarkan pada tahun 1980 an, tetapi nilai-nilai sosial yang diangkat masih berhubungan dengan masa sekarang. Sindiran-sindiran yang dibawakan oleh Emha diselingi humor-humor khas beliau mampu membuat pembaca berfikir dan terhibur.

Pak Emha membuat tokoh atas dirinya sendiri dengan nama Jon Pakir. Pakir merupakan bahasa slang dari fakir. Secangkir kopi bukanlah kopi biasa, kopi yang bisa mengisi, mengkritisi kemampuan berpikir kita dngan mengambil keadaan sekitar.

Kelebihan

Sajiannya sangat menarik, pembahasan yang kadang diselingi dengan humor menjadikan kita tidak jenuh ketika membaca. Bagian-bagian judul yang singkat juga membuat kita tidak bosan, antara judul ke judul lagi hanya berjarak satu sampai dua lembar. Bahasanya juga tidak terlalu berat untuk dipahami. Walaupun buku ini merupakan buku cetakan ulang dan situasinya pada tahun 90’n, tapi buku ini sangat cocok dibaca oleh pemuda jaman sekarang.

Kelemahan

Terdapat beberapa istilah-istilah bahasa jawa yang belum dijelaskan di catatan kaki buku.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *