Jingga Untuk Matahari

Judul buku              : Jingga Untuk Matahari

Penulis                   : Esti Kinasih

Penerbit                 : Gramedia

Tahun Terbit          : 2017

Tebal buku              : 448 hlm

Ari dan Tari menjalani hari-hari penuh pelangi. Tari bahagia karena ternyata Ari cowok lembut dan penuh perhatian. Sedangkan Ari gembira luar biasa ketika mendengar Ata dan Mama akhirnya kembali ke Jakarta.

Namun, tanpa Ari ketahui, selama ini Ata menyimpan kepedihan yang membuatnya bertekad melampiaskannya kepada Ari dan Papa. Saat itulah Ari menyadari ada “kisah” yang dia tidak tahu di antara papa dan mamanya.

Sementara itu, Tari mulai bingung menata hati. Karena pada saat rasa sayangnya untuk Ari semakin tumbuh, Angga muncul lagi dan “nembak” langsung.

————–

Cerita ini mengisahkan tentang kisah yang diselimuti rahasia oleh si kembar bernama Ari dan Ata. JUM mengambil waktu di dimensi yang lebih modern ketimbang buku seri Jingga sebelumnya karena dikatakan bahwa mereka sudah menggunakan tablet. Disini lebih mengenalkan kita akan Ata seperti latar belakang dan masa lalu Ata.

Kisah ini tentang permasalahan yang terjadi di keluarga Ari dan Ata yang ternyata banyak kisah-kisah pahit nan gelap yang tidak diketahui oleh Ari tetapi Ata mengetahuinya. Hal itu yang membuat Ata memiliki suatu rasa dendam kepada Ari dan menyalahkan Ari atas semua yang terjadi. Ata pun merasa marah kepada Ayahnya. Kemarahannya memuncak saat dilihatnya Ayah sedang berbahagia ditengah kepahitan yang dirasakannya.

Saat Ata mulai menjelaskan tentang rahasia-rahasia tersebut kepada Ari. Ari terkejut dan hancur. Ia jatuh ke dasar jurang kehidupan yang paling dalam setelah mengetahui fakta bahwa kembarannya yang selama ini dia cari mati-matian ternyata malah kembali dengan rasa penuh kebencian terhadap dirinya.

Ata mulai menyusun taktik untuk melancarkan aksi balas dendamnya kepada Ari untuk membuat Ari goyah. Ata benar-benar ingin membalas dendam untuk setiap luka yang dia rasakan selama sembilan tahun itu, melalui Tari. Tari yang menjadi pion yang dipakainya.

Mengetahui fakta bahwa Tari memiliki hubungan spesial dengan Ari dan juga memiliki hubungan pertemenan yang dekat dengan Angga membuat Ata segera menarik Angga untuk masuk kedalam kubunya dalam melakukan pembalasan dendam ini. 

Kisah Ari tak lupa masih saja ditemani dengan Ridho dan Oji yang selalu mendukung Ari dan menopang Ari. Persahabatan mereka sangat keren, penuh ketulusan dan kenyamanan.

Kelebihan

Disamping cerita antara , penulis memberikan quotes menarik khas penulis, Esti Kinasih, menggunakan kalimat non lugas penuh majas dapat membuat hati pembaca tersentuh.

Kelemahan

Terlalu banyak narasi dan sedikit dialog. Pembaca akan merasa bosan dengan narasi yang hanya menjelaskan kehidupan Ata dan mama Ata.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *