Mahasiswa Asal Afganistan Kunjungi Perpustakaan Spemdalas

Kunjungan mahasiswa asal Afganistan ke Perpustakaan Taman Ilmu Spemdalas

Mahasiswa asal Afganistan Malalai Ahmadzai mengunjungi Perpustakaan Taman Ilmu SMP Muhammadiyah 12 (Spemdalas) GKB Gresik, Jawa Timur, Rabu (25/1/23).

Mahasiswa International Relations (Hubungan Internasional) semester 7 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini berada di Spemdalas selama 3 hari yang didampingi langsung mahasiswa jurusan Hubungan Internasional semester 7 UMM Mentari Milanisti.

Ketika berada di perpustakaan, Malalai Ahmadzai langsung duduk di ruang baca International Class Program (ICP). Sambil melihat-lihat buku bacaan berbahasa Inggris, dia juga melihat backdrop gambar keajaiban dunia yang berada di sisi kiri ruangan.

Malalai Ahmadzai mengamati dengan seksama sambil membaca kalimat motivasi dari beberapa tokoh yang ada di backdrop tersebut.

“Gambarnya bagus, aku senang sekali,” ujarnya kepada Pustakawan Dwi Bagus Gunawan SS saat mendampingnya.

Dia menyampaikan, buku yang ada di rak ini juga bagus. Selain buku pembelajaran juga ada novel berbahasa Inggris. Ada juga lukisan yang tertempel di dinding. “Bagus-bagus gambarnya,” katanya pendek.

Ikut Jadi Penilai

Sekitar 20 menit Malalai Ahmadzai berada di perpustakaan. Sambil melihat rak demi rak yang ada di perpustakaan, dia juga menyempatkan melihat koleksi komik yang berada di sisi depan bagian kanan. Matanya melihat cover komik satu per satu.

Mentari Milanisti, rekan Malalai Ahmadzai yang juga hadir di perpustakaan mengaku kagum dengan lukisan yang tertempel di dinding yang berukuran 6 meter dengan tinggi 6 meter ini.

“Lukisan karya siswa ini bagus-bagus. Ada lukisan pemandangan, bunga, maupun burung,” tuturnya.

Sebelum meninggalkan perpustakaan, Malalai Ahmadzai dan Mentari Milanisti menyaksikan sekaligus menjadi penilai presentasi siswa kelas VIII ICP. Sambil membawa poster dari kertas asturo warna kuning, siswa mempresentasikan bahaya merokok dengan menggunakan bahasa Inggris.

Ketika menyaksikan siswa presentasi, Malalai Ahmadzai terlihat tersenyum sambil terus melihat apa yang disampaikan siswa. Selain itu, dia juga melihat tulisan dan gambar yang tertera di poster yang dibawa siswa.

“Presentasinya bagus, komunikasi bahasa Inggrisnya juga bagus dan lancar,” ucap Malalai Ahmadzai sambil memberikan penilaian di poster siswa. (Ichwan Arif)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *