Kisah Manis Masa Putih Abu-Abu

Berawal dari keterlambatan mengikuti upacara pertama di sekolah baru, Salma Alvira bertemu dengan seorang cowok yang membantunya menyelusup lewat gerbang samping. Selidik punya selidik, cowok itu ternyata bernama asli Nathan; murid nakal yang sering jadi bahan gosip teman-teman terdekatnya.

Beberapa rangkaian kejadian pun terjadi yang justru mengantarkan Salma untuk menjadi kian lebih dekat dengan Nathan. Dua kepribadian yang saling bertolak belakang, seperti langit dan bumi; yang tidak bisa bersatu tapi saling melengkapi. Novel ini mengisahkan tentang masa indah putih abu-abu, persahabatan, pelajaran kehidupan dan pentingnya untuk selalu menghargai perasaan.

Alur CeritaAlur cerita novel ini adalah alur campuran karena jalan cerita dijelaskan berurut dan terkadang membahas masa lalu. Pada awal cerita diawali dengan pengenalan tokoh, kemudian si tokoh utama bertemu dengan lawan jenisnya, pada suatu kejadian timbul suatu pertentangan yang berlanjut ke konflik (klimaks), kemudian membahas tentang masa lalu tokoh utama dilanjutkan dengan antiklimaks, dan pada akhir cerita terdapat penyelesaian.

Gaya bahasa yang digunakan adalah bahasa sehari-hari remaja-remaja saat ini. Menggunakan bahasa yang mudah dipahami.-Menggunakan pilihan diksi yang sesuai.

Amanat dalam novel ini meskipun kita memiliki kesalahan dimasa lalu,jangan jadikan kesalahan tersebut menghalangi kita untuk berubah menjadi yang lebih baik. Menghargai perasaan orang lain sangatlah penting. Jangan egois dan jangan hanya mementingkan kebahagiaan untuk diri sendiri. Jangan menilai seseorang dari luarnya saja karena yang terlihat buruk belum tentu buruk aslinya.

Keunggulan dalam buku ini, meskipun tema dari buku ini sudah mainstream atau banyak penulis novel yang membuat cerita dengan tema serupa, akan tetapi karakter Nathan yang menjadi unggulan dalam novel ini. Penulis piawai memberikan karakter khas di setiap karakter pendukung dengan ciri khas anak SMA.

Pada intinya penulis berhasil membaut karakter yang kuat. Tak hanya tokoh utama, tokoh pendukung yang jumlahnya banyak. Banyak sekali amanat yang bisa diambil dari buku novel ini. Mengenai kasih sayang, pengorbanan, persahabatan, dan arti memaafkan dan mau menerima realitas kehidupan.

Kelemahan buku, penggunaan bahasa yang baku dalam percakapan diantara dua orang tokoh tidak menggambarkan bahwa mereka merupakan pasangan anak yang masih muda, dan lebih terasa kaku. Buku dengan tebal 528 halaman ini memberikan kesan malas untuk membaca buku ini untuk pertama kali. Akan tetapi, buku ini bagus untuk kamu para remaja untuk menjalani masa mudanya.

Judul buku : Dear Nathan
Penulis : Erisca Febriani
Penerbit : Nest Media
Tahun Terbit : 2016
Tebal buku : 528

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *