Hafalan Delisa

Judul buku              : Hafalan Shalat Delisa

Penulis                   : Tere Liye

Penerbit                 : Republika

Tahun Terbit          : 2008

Tebal buku             : 207 hlm

Menceritakan Delisa, seorang anak berusia 6 tahun yang tinggal di Lhok Ngah, Aceh. singkat cerita, Delisa mendapatkan tugas yaitu hafalan bacaan shalat. Ia pun juga dijanjikan ibunya sebuah kalung dan kakak-kakaknya juga memberi Delisa hadiah.

Namun, ketika delisa sedang melaksanakan praktek sholat terjadi bencana gempa dan tsunami. Kurang lebih 15.000 jiwa yang meninggal akibat peristiwa ini. Kakak-kakak Delisa dan umminya tidak diketahui keberadaannya.

Delisa selamat, namun dia terjebak dan terhimpit oleh bebatuan sehingga kehilangan kaki kanan. Ia ditemukan oleh seorang prajurit relawan. Meskipun Delisa mengalami keadaan seperti itu, Delisa tetap tabah dan sabar.

Karena suasana yang kacau balau, Abi yang telah mengetahui bencana tersebut tak bisa menemukan Delisa. Ia menghabiskan beberapa waktu sebelum akhirnya bertemu gadis mungilnya. Saat bertemu Abinya, Delisa bercerita layaknya anak-anak yang tak mengerti apa-apa. Bencana tak menghapus keceriannya. Termasuk saat kaki kanan Delisa harus diamputasi, semuanya tak berhasil membuat ia murung. Ia bersama Abi menjalani hidupnya. menata dari awal. Meski jasad Ummi dan ketiga kakaknya belum ditemukan, tapi Delisa dan Abi harus hidup normal, begitu pikirnya.

Suatu waktu Delisa melihat ada sebuah pantulan cahaya yang mengganggu penglihatannya. Karena penasaran, Delisa pun mendekat. Dan tak disangka, cahaya tersebut merupakan pantulan kalung dengan huruf D. Dan kalung tersebut berada dalam pegangan seseorang, ummi Delisa sendiri.

Novel ini cocok untuk dibaca semua kalangan dan usia. Karena buku ini mengangkat tema anak-anak.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *